TEKS - GARIS - BENTUK


2021-06-15 00:00:00

Teks
Garis
Bentuk


Seniman:
Moelyono
Uji “Hahan” Handoko
Vincentius Ola Lamapaha

Pembukaan Pameran:
Selasa, 15 Juni 2021
15.30 WIB

Pameran berlangsung sampai dengan 10 Juli 2021
Buka setiap Selasa-Sabtu pukul 11.00 – 17.00 WIB

Galeri Lorong, Jl. Nitiprayan, RT 01, Dusun Jeblok, Dukuh III, Tirtonirmolo, Kasihan-Bantul, DIY.

Sketsa dan drawing sering dibahas secara bersamaan–bahkan, dalam beberapa ulasan, ditempatkan secara sejajar. Baik sketsa maupun drawing, menjadikan garis sebagai unsur utamanya. Ke-duanya dibedakan dari sifat atau kepentingan penggunaannya. Sketsa dianggap bersifat “sementara,” desain awal, dengan garis-garis yang kasar, spontan, dan ekspresif. Sementara drawing, ditempatkan sebagai “sketsa yang telah disempurnakan.”

Sketsa bukan sekadar soal bagaimana kita membayangkan bentuk, merekam peristiwa/objek dan desain awal sebuah karya, melainkan juga tentang jejak pengetahuan dalam proses artistik seorang seniman. Tidak semua hal yang direncanakan lewat sketsa sepenuhnya bisa direalisasikan. Seringkali ia hanya menjadi orat-oret, goresan-goresan ide yang tidak pernah diwujudkan. Baik itu untuk karya lukisan maupun karya instalasi dan pertunjukan. Namun, dari goresan-goresan garis yang tidak terpakai itu juga lah kita bisa meraba bagaimana ide sebuah karya dibentuk dan dikembangkan oleh seorang seniman.

Berbeda dengan sketsa, drawing cenderung dianggap sebagai hasil akhir. Garis yang lebih detail, serta bentuk dan dimensi yang telah tampak jelas. Meskipun begitu, karya drawing juga biasa difungsikan sebagai “rujukan” untuk karya dengan medium lain. Ia bisa diproyeksikan untuk membantu seorang seniman dalam membuat karya lukisan atau sebagai “desain akhir” untuk karya yang akan dibuat.

Pameran ini menampilkan karya-karya sketsa dari Moelyono dan karya-karya drawing dari Uji “Hahan” Handoko dan Vincentius Ola Lamapaha. Lewat karya-karya itu, kita tidak hanya bisa melihat bagaimana proses penciptaan atau praktik artistik yang biasa mereka lakukan, tetapi juga bagaimana tiga seniman ini merumuskan dan mengembangkan ide-ide kekaryaannya.

#galerilorong #sketsa #drawing #moelyono #hahan #vincentius #senisenian

-