Kepada Tanah


2021-11-06 00:00:00

Kepada Tanah

Seniman:
Dyah Retno
Anton Subiyanto
Suvi Wahyudianto
Bersama para peserta workshop keramik “Kepada Tanah”

Dikurasi oleh:
Arham Rahman

Galeri Lorong bekerja sama dengan G-Art Management

Pembukaan Pameran:
Sabtu, 6 November 2021
Pukul 15.00 WIB
Pameran berlangsung sampai dengan 16 November 2021
Buka setiap Senin-Sabtu pukul 11.00 – 17.00 WIB

Galeri Lorong, Jl. Nitiprayan, RT 01, Dusun Jeblok, Dukuh III, Tirtonirmolo, Kasihan-Bantul, DIY.

Ada berbagai jenis tanah liat yang biasanya dipakai sebagai bahan pembuatan gerabah dan/atau keramik. Tanah liat dari lokasi tertentu mempunyai kelenturan dan efek warna yang berbeda ketika diolah. Seperti tanah liat dari Sukabumi ataupun Malang yang cenderung berwarna agak keputih-putihan, sementara beberapa daerah lain lebih kecokelatan. Tingkat kelenturannya juga berbeda-beda dan dapat kita kenali lewat pengalaman persentuhan dengan berbagai jenis tanah.

Keakraban dengan material merupakan salah satu elemen penting dalam membuat karya/produk kerajinan (craft). Tubuh perlu menjadi terbiasa dengan material tertentu, memahami seluk-beluk material itu, dan pada akhirnya cara untuk mengolahnya. Sensasi apa yang kita rasakan? Bagaimana respons tubuh kita ketika bersentuhan dengan material itu? Sederet hal yang hanya bisa kita dapatkan melalui pengalaman keterlibatan, aksi, dan aktivitas fisik.

‘Kepada Tanah’ menjadi ruang bagi kami untuk berusaha mengakrabi material tanah liat. Karya yang disuguhkan umumnya merupakan hasil kerja bersama antara seniman dengan para peserta dari proses workshop yang kami helat sebelumnya. Karya-karya tersebut lebih banyak berbentuk objek-objek yang fungsional, dan beberapa di antaranya objek estetis.

-