Contact Improvisations


2023-02-12 00:00:00

Kalanari Theatre Movement kembali menggelar program Latihan Bareng, sebuah ajang berlatih dan berbagi bersama dalam hal keterampilan aktor/performer. Latihan Bareng kali ini mengajak Anna Thu Schmidt, seorang seniman tari kelahiran Jerman, yang akan berbagi dalam workshop pengenalan Contact Improvisation serta pendekatan latihan berpasangan yang mengasyikkan. 

Workshop ini akan dimulai dengan pemanasan yang berfokus pada kesadaran tubuh melalui pengalaman bersentuhan. Selanjutnya, latihan akan digiring pada eksplorasi berbagai tema, seperti memberi/menerima/berbagi bobot tubuh, memimpin dan mengikuti, serta titik kontak yang bergulir; di samping juga tawaran berbagai teknik melompat, mengangkat, dan melayang. Workshop akan diakhiri dengan open jam, di mana partisipan dapat bermain dengan berbagai materi dan menemukan suatu bentuk tarian personal, baik dilakukan sendirian maupun melalui kontak fisik dengan pasangan.

Anna Thu Schmidt adalah seniman tari yang berfokus pada tari improvisasi, karya-karya interdisipliner, site-specific, dan integrated dance. Karya-karyanya diinspirasi oleh lingkungan alam dan budaya di mana dia tinggal, juga koneksi dan komunikasi antara manusia dan alam. Ketertarikannya pada relasi antara tari dan genre seni lain mengantarnya ke berbagai kolaborasi dan riset internasional tentang jalinan antara tari dan seni instalasi. Anna yang merupakan lulusan ArtEZ University of the Arts (Belanda) dan NTNU (Norwegia) kini tinggal dan berkarya di Trondheim, Norwegia. Ia bisa dikunjungi di www.annathuschmidt.com.

Workshop ini terbuka untuk siapa saja yang memiliki ketertarikan pada pengembangan kecakapan sebagai aktor/penari/performer. Workshop membatasi partisipan sebanyak 15 orang. Silakan lakukan pendaftaran melalui nomor WA yang tertera pada poster.

-