Aura Baik


2021-10-09 00:00:00

Berbicara tentang kehidupan sangat banyak untuk bisa diceritakan bukan? Rally menceritakan proses kehidupannya melalui karya-karya abstraknya. Berbeda dengan karya abstrak yang lainnya, karya lukisan Rally bercerita tentang aura alam. Bagaimana aura alam bisa menjadi lukisan yang berbeda dengan lukisan abstrak lainnya? Terlebih, proses melukis yang dilakukan Rally sangat spesifik karena melibatkan kemampuan yang langka dan tidak dimiliki kebanyakan orang dalam hal membaca aura.

Rally dapat merasakan dan mengingat aura untuk dijadikan sebuah karya-karya yang dipamerkan saat ini dengan judul “Aura Baik“. Setiap karya mempunyai memori sang seniman, dan energi dalam karya-karya tersebut akan terasa. Pameran ini dikuratori oleh Octalyna Puspa Wardany

Pameran diselenggarakan tanggal 10 - 22 Oktober 2021, diikuti dengan pembacaan aura pada tanggal 10 - 22 Oktober. Sampai jumpa!

-

Aura Baik

 

 

Lukisan-lukisan Rally dapat dikategorikan beraliran abstrak. Hanya saja, ada yang tak biasa pada tiap lukisannya. Warna-warna yang digunakan lebih banyak warna dasar dengan perpaduan yang berani dan sering kali kontrak bahkan “bertabrakan”, tak mengikuti kaidah harmonisasi. Obyek-obyek tak terjelaskan yang dibentuk pun tak mengikuti kaidah komposisi. Semua unsur itu seperti percikan hingga ledakan-ledakan.

Rally melukis secara autodidak. Aktivitas melukis ini dilakukan juga dilatari oleh pekerjaannya sebagai pelukis aura untuk keseimbangan hidup dan pribadi para pelanggannya. Yang Rally lukiskan adalah aura dan warna-warni aura memang merupakan warna-warna dasar dengan harmonisasi yang tak mengikuti kaidah seni rupa. Jadilah, lukisan abstrak Rally memiliki keunikan yang menghidupkan sensasi keterkejutan.

Setelah 2 kali berpameran tunggal di tahun 2012 dan 2015, kali ini, Rally menyuguhkan berbagai lukisan aura yang merupakan proses perjalanan kehidupan Rally dalam periode 2016 s.d. 2021. Ada 16 lukisan abstrak aura digelar yang menggambarkan proses perjalanan aura dimulai dari dalam dirinya sendiri dengan berbagai pelik dan lika-liku kehidupannya. Ketika pergulatan diri rampung, Rally pun mulai keluar dan menggambar aura alam di sekitarnya.

Menikmati karya Rally adalah membuka diri terhadap berbagai perpaduan warna dan obyek tak jelas yang disuguhkannya. Judul-judul lukisan yang juga ditata dengan cara yang tak biasa sedikitnya membantu dalam upaya menikmati atau menyelami lukisan Rally. Namun demikian, kemerdekaan penikmat untuk mendapatkan kenikmatan yang berbeda pun tak serta- merta ditutup.

Sebagai satu tawaran dalam seni rupa, Abstrak Aura yang disuguhkan Rally tentu saja tak bisa dibiarkan menguap. Terlebih, proses melukis yang dilakukan Rally sangat spesifik karena melibatkan kemampuan yang juga langka dimiliki kebanyakan orang dalam hal membaca aura. Terus berkarya. Tetap melukis. Menghadirkan berbagai karya yang khusus bagi pengayaan dan pemajuan seni rupa Indonesia dan seni rupa itu sendiri.

 

Rasikei 210920

Octalyna Puspa Wardany