Performing Craft: life on sarung


2019-07-24 00:00:00

Performing Craft:
Life on Sarung


Abdi Karya

Pembukaan:
Rabu, 24 Juli 2019
Pukul: 15.30

Performance oleh Abdi Karya
15.30 WIB

Pameran akan berlangsung sampai dengan tanggal 20 Agustus 2019

Galeri Lorong
RT 01 Dusun Jeblok, Dukuh 3,
Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul,
Yogyakarta.

Biasanya, ketika anda datang berkunjung dan menginap di rumah kerabat atau teman di daerah Sulawesi Selatan (khususnya kawasan rural), anda akan disodori beberapa helai sarung. Satu buah sarung untuk mandi, satu untuk dipakai sehari-hari di dalam rumah, satu untuk tidur, satu untuk sembahyang (jika anda muslim), dan satu lagi–dalam kasus khusus–untuk bercinta.

Di samping aktivitas personal semacam itu, sarung juga dipergunakan untuk aktivitas lain seperti menghadiri pesta perkawinan, menjamu tamu, layatan, ayunan bayi, serta “menyelesaikan persoalan” yang terkait dengan penegakan kehormatan.

Pameran ini akan membicarakan soal sarung, khususnya dalam konteks penggunaannya di masyarakat Sulawesi Selatan. Di dalam pameran ini, Abdi Karya menempatkan sarung tidak hanya sebagai sebuah pilihan material, tetapi juga sebagai sesuatu yang sangat dekat dengan tubuh dan kesehariannya. Sarung dilihat sebagai simbol “tubuh kedua” masyarakat Sulawesi Selatan, penanda ruang, waktu, dan peristiwa; yang digunakan dari sejak manusia lahir hingga meninggal dunia.

Ini bukan kali pertama bagi Abdi mengeksplorasi soal sarung. Karya tentang sarung telah ia pentaskan dan sajikan dalam berbagai perhelatan, yakni pada Undisclosed Territory (2013 & 2016) dengan tajuk “Memakai.Dipakai”, Jakarta Biennale “JIWA” (2017), Selasar Sunaryo, Bandung dengan tajuk karya “I Thought We're Born From The Same Womb”, dan “Story of a Wanderer” di Castlemaine State Festival, Australia. Sementara itu, pada pameran kali ini, Abdi berupaya mengembangkan gagasannya dengan membuat lima karya baru. Salah satu di antaranya, cerita tentang ana’ mallajang (bayi yang ‘moksa’) yang ada di dalam memori kolektif masyarakat Sulawesi Selatan.

#arhamrahman #abdikarya#exhibitionlorong #performingcraft#pamerangalerilorong #posteracara#galeriseni

-