“From now on”


2019-01-31 00:00:00

“From now on”
Pameran tunggal Vicky ??
Dikuratori oleh Bill Nguy?n
31 Januari – 28 Februari 2019

Pembukaan pameran
Kamis, 31 Januari 2019
19.00 WIB

Tur pameran dan bincang-bincang antara Vicky ?? & Mumtaz Khan Chopan
Jumat, 1 Februari 2019
15.00 – 18.00 WIB

TENTANG PAMERAN
Pameran ini menelusuri kehidupan sejumlah komunitas migran Vietnam dari dulu hingga sekarang sebagai bagian dari narasi kecil dalam ingatan bersama kita. Dengan berbagai cara tutur dan ragam gaya penciptaan gambar gerak, karya-karya dalam pameran ini membaca transmisi dan pertukaran ingatan: Mulai dari yang resmi (diputuskan negara), yang dipinggirkan oleh narasi besar, maupun kisah-kisah pribadi yang bisa jadi karangan semata. Upaya mengunjungi lagi masa lalu yang hampir dilupakan ini dilakukan sebagai salah satu langkah untuk memahami perkembangan gagasan nasionalisme dan militarisme di mana perasaan tidak punya tempat, amnesia, dan kehilangan masih dialami oleh banyak sekali manusia yang bermigrasi di seluruh dunia ini.

TENTANG SENIMAN
Vicky ?? (lahir 1990) lulus dari Texas Tech University dan mengantongi gelar MFA di bidang Creative Media dari City University of Hong Kong. Ia pernah bekerja di Hong Kong sebagai peneliti dan seniman independen. Ia adalah juga anggota Floating Projects and Archive of the People Collective, Hong Kong. Karya-karyanya berfokus pada perpindahan (displacement) masyarakat, perencanaan kota dan praktik pengarsipan. Kini ia bekerja di Saigon sebagai kurator di Chaosdowntown / Cháo, sebuah ruang seni independen kecil di lingkungan pusat kota.

TENTANG KURATOR
Bill Nguy?n (lahir 1988) adalah seniman dan kurator yang  tertarik pada penelitian dan pengembangan metode dan sarana alternatif yang digerakkan secara lokal untuk kerja kurasi di Vietnam. Saat ini menjabata sebagai asisten kuratorial di The Factory, Bill juga adalah salah satu pendiri dan kurator Manzi (Hanoi) dan kurator tamu untuk Nhà Sàn Collective (Hanoi). Sejumlah proyek terbarunya termasuk: ‘0395A.?C: pameran tunggal Ly Hoàng Ly’, The Factory, Ho Chi Minh City (2017), ‘Skylines With Flying People 3′, Nhà Sàn Collective, Hanoi (2016); ‘Into Thin Air’, Manzi, Hanoi (2016). Dia adalah alumni dari Workshop Kurator Berlin ke-8, dan CuratorsLAB yang diprakarsai oleh Goethe Institut Southeast Asia.

KELANJUTAN DARI
'Pollination' adalah prakarsa non-pemerintah yang bertujuan untuk mengembangkan dan memelihara kecakapan dan hubungan antar seniman dan kurator yang tertarik untuk bekerja (dan mempertanyakan) struktur kelembagaan ruang-ruang pamer di Asia Tenggara.

Keanggotaan 2018:
Organisasi: The Factory Contemporary Arts Centre, SAM Fund for Art and Ecology
Penasihat Kuratorial: Zoe Butt, Agung Hujatnikajennong
Kurator Peserta: Bill Nguy?n, Grace Samboh
Seniman Peserta: Vicky ??, Julia Sarisetiati
Rekanan tuan rumah: Galeri Lorong & Cemeti – Institut untuk Seni dan Masyarakat

Pada 2019, kami menyambut ILHAM (http://www.ilhamgallery.com) di Kuala Lumpur (Malaysia) sebagai rekanan organisasi yang ketiga untuk Pollination, dan Rahel Joseph sebagai penasihat kuratorial untuk Malaysia. 

-